Beranda | Artikel
Melindungi Anak dari Kejahatan Setan
Selasa, 5 Maret 2024

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Melindungi Anak dari Kejahatan Setan ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Pendidikan Anak yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 23 Sya’ban 1445 H / 4 Maret 2024 M.

Kajian Tentang Melindungi Anak dari Kejahatan Setan

قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ

“Iblis berkata: ‘Ya Rabbku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya.`” (QS. Al-Hijr[15]: 39)

Jadi, demi menyukseskan proyek tersebut, Iblis minta untuk diberi umur sampai hari kiamat, untuk menyesatkan manusia. Setan yang merupakan keturunannya Iblis tidak peduli apakah manusianya laki-laki atau perempuan, orang kaya atau miskin, pejabat atau rakyat biasa, tua atau muda, bahkan anak kecil pun berusaha untuk diganggu oleh setan.

Bayi yang baru lahir menangis itu karena ditusuk oleh setan, seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Itulah permusuhan setan pertama kali kepada manusia, sejak lahir sudah disakiti oleh setan.

Kita tidak boleh pasrah dan diam saja, kita harus melawannya. Cara melawannya harus sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Ada tiga poin cara melakukan upaya perlindungan buat anak dari kejahatan setan.

Pertama, membacakan dzikir untuk anak

Membacakan dzikir untuk anak, kita bacakan untuk anak, terutama anak-anak yang belum masuk usia tamyiz. Tamyiz yaitu usia di mana mereka bisa membedakan mana api dan mana air.

Dzikirnya adalah yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Kata Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam biasa membacakan dzikir berikut ini untuk kedua cucunya (Hasan dan Husain).

 أعيذُكُما بِكلماتِ اللَّهِ التَّامَّةِ ، مِن كلِّ شيطانٍ وَهامَّةٍ ومن كلِّ عينٍ لامَّةٍ

“Aku memohonkan perlindungan untuk kalian berdua dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari segala jenis setan, binatang yang berbisa, dan dari pandangan mata yang jahat.” (HR. Bukhari)

Jika anaknya satu laki-laki, maka awal doanya dirubah menjadi أُعِيْذُكَ. Jika anaknya adalah satu perempuan, maka menggunakan أُعِيْذُكِ. Jika anaknya tiga, maka menggunakan أُعِيْذُكُمْ.

Bagaimana langkah-langkah selanjutnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53972-melindungi-anak-dari-kejahatan-setan/